RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : S M A
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 1 (Ganjil )
Materi Pokok/Topik : Atletik / Lari Gawang Sprint
Pertemuan ke :I (Pertama)
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
A.
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B. Kompetensi Dasar
:
1.1
Menghargai tubuh dengan
seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak
ternilai.
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain.
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
dalam melakukan Tehnik Dasar Lari Gawang Sprint
2.6 Disiplin selama melakukan Tehnik Dasar Lari gawang Sprint
3.3 Mengkategorikan dan
menganalisis keterampilan gerak salah
satu nomor atletik (lari gawang sprint) serta menyusun
rencana perbaikan.
4.3 Mengukur dan
mempraktikkan rencana perbaikan keterampilan salah satu nomor-nomor atletik
(lari gawang sprint).
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Siswa mengamalkan doa sebelum memulai pembelajaran .
2. Siswa mengamalkan sikap sportif dalam mengikuti pembelajaran..
3. Siswa mengamalkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
4. Siswa mengamalkan sikap toleransi
dan mau berbagi dengan teman selama mengikuti pembelajaran.
5. Siswa menganalisa tehnik dasar lari gawang sprint
6. Siswa mencoba melaksanakan tahapan – tahapan teknik dasar lari gawang sprint
D. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.
Siswa dapat mengamalkan doa menurut agama dan
kepercayaan masing-masing.
2.
Siswa dapat mengamalkan sikap sportif dalam mengikuti pembelajaran.
3.
Siswa dapat mengamalkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
4.
Siswa dapat mengamalkan sikap toleransi
dan mau berbagi dengan teman selama mengikuti pembelajaran
5.
Siswa mampu menganalisa tehnik dasar lari
gawang sprint phase lari pendekatan atau irama tiga langkah
6.
Siswa mampu menganalisa tehnik dasar lari
gawang sprint phase bertolak
7.
Siswa mampu menganalisa tehnik dasar lari
gawang sprint phase melewati gawang
8.
Siswa mampu menganalisa tehnik dasar lari
gawang sprint phase mendarat
9.
Siswa mau mencoba melakukan tehnik dasar lari gawang sprint phase lari pendekatan atau
irama tiga langkah
10.
Siswa mau mencoba
melakukan tehnik dasar lari gawang sprint phase bertolak
11.
Siswa mau mencoba
melakukan tehnik dasar lari gawang sprint phase melewati gawang
12.
Siswa mau mencoba
melakukan tehnik dasar lari gawang sprint phase mendarat
E. Materi Pembelajaran :
Teknik Dasar Lari Gawang Sprint
Dalam lari gawang
sprint terdapat beberapa tahapan atau phase pelaksanaan. Terdapat empat tahapan
gerakan yaitu :
1. Phase lari pendekatan atau irama tiga langkah(Lihat Gambar 01).
a. Lari sejauh delapan langkah menuju gawang pertama
b. Posisi badan tegak dicapai lebih awal daripada dalam suatu start
lari sprint
c. Posisi badan tinggi diantara gawang-gawang
d. Tiga langkah antara gawang-gawang ( pendek-panjang-pendek)
![]() |
|||
![]() |

Gambar 1. Phase Lari
pendekatan atau irama tiga langkah
2.
Phase bertolak
/ bertumpu ( Lihat Gambar 2. )
a. Posisi badan tinggi untuk melakukan penyerangan
b. Sendi-sendi pinggang , lutut dan mata kaki dari kaki topang adalah
diluruskan sepenuhnya
c. Dorongan lebih banyak kedepan dari pada keatas
d. Paha kaki depan diayun dengan cepat keposisi horisontal

![]() |
|||||||
![]() |
|||||||
![]() |
|||||||
![]() |
|||||||
Gambar 2. Phase Bertolak/ Bertumpu
3.
Phase
melewati gawang ( Lihat Gambar 3. )
a. Bertolak tepat didepan gawang dengan telapak kaki
b. Kaki depan diturunkan secara aktif secepat mungkin setelah
melewati gawang
c. Mendarat dengan gerakan aktif pada telapak kaki, tidak ada tumit
menyentuh tanah pada saat sentuh tanah
![]() |
![]() |
||||
![]() |

Gambar. 3 Phase
Melewati gawang
4.
Mendarat ( Lihat Gambar. 4 )
a. Kaki belakang tetap dilipat sampai saat sentuh tanah kemudian
ditarik dengan cepat dan aktif kedepan
b. Kaki pendaratan adalah kaku. Mendarat dengan telapak kaki
c. Badan jangan condong kebelakang
d. Kontak dengan tanah adalah singkat atau sesaat, langkah pertama
adalah agresif

![]() |
|||
![]() |


Gambar. 4
Phase Mendarat
F. Pendekatan/Metode/Model Pembelajaran
1.
Pendekatan: saintifik (scientific)
- Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair-Share (TPS)
G. Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM)
Disesuaikan dengan KKM sekolah
masing-masing.
H. Kegiatan Pembelajaran.
I.
AlatdanSumberBelajar
- Alat dan bahan:
a. Peluit
b. Gawang lari gawang
c. lintasan
- Sumber (buku terbaru)
I.A.A.F. 2000. Pedoman Mengajar Lari Lompat Lempar.Jakarta
: Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi IAAF
J. Penilaian
1. Teknik penilaian:
- Penilaian sikap (Afektif) (meliputi
pengamatan oleh guru, diri sendiri dan teman sejawat) :
Penilaian aspek sikap oleh guru dilakukan selama proses pembelajaran
berlangsung dari awal hingga akhir, penilaian oleh diri sendiri dan penilaian
oleh teman sejawat dilakukan pada akhir pembelajaran teknik dasar lari gawang
sprint. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu sikap berdoa,
sportif dan disiplin. Skor terakhir diambil dari rata-rata ketiga penilaian
sikap.
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
Tabel 01Katagori Nilai Aspek Sikap (Afektif)
No.
|
Rentang Nilai
|
Keterangan
|
Kategori
|
1.
|
85-100
|
A
|
Sangat baik
|
2.
|
70-84
|
B
|
Baik
|
3.
|
55-69
|
C
|
Cukup
|
4.
|
45-54
|
D
|
Kurang
|
5.
|
0-44
|
E
|
Sangat kurang
|
- Penilaian pengetahuan (Kognitif):
Jawablah dengan benar pertanyaan-pertanyaan dibawah ini, mengenai konsep
gerak teknik dasar lari gawang sprint
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban siswa sesuai dengan skor yang ada pada
masing-masing deskriptor, skor 1 untuk setiap deskriptor, skor maksimal 15
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
Tabel 02Katagori Nilai Aspek Pengetahuan (Kognitif)
No.
|
Rentang Nilai
|
Keterangan
|
Kategori
|
1.
|
85-100
|
A
|
Sangat baik
|
2.
|
70-84
|
B
|
Baik
|
3.
|
55-69
|
C
|
Cukup
|
4.
|
45-54
|
D
|
Kurang
|
5.
|
0-44
|
E
|
Sangat kurang
|
- Penilaian keterampilan (Psikomotor):
Lakukanlah teknik dasar Lari gawang sprint
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas keterampilan tehnik dasar lari
gawang sprint dilakukan dengan menggunakan format assesmen penilaian hasil belajar lari gawang sprint (tabel 04) dengan cara memberikan tanda cek ( √ ) pada setiap deskriptor ,
skor 1 untuk setiap deskriptor.
Jumlah skor yang diperoleh

Jumlah skor maksimal
Tabel 03 Katagori Nilai Aspek Keterampilan (Psikomotor)
No.
|
Rentang Nilai
|
Keterangan
|
Kategori
|
1.
|
85-100
|
A
|
Sangat baik
|
2.
|
70-84
|
B
|
Baik
|
3.
|
55-69
|
C
|
Cukup
|
4.
|
45-54
|
D
|
Kurang
|
5.
|
0-44
|
E
|
Sangat kurang
|
2. RubrikPenilaian
2.1PenilaianSikap (Afektif)
Tabel 04.Deskripsipenilaiansikaptehnik dasar lari gawang sprint
PERILAKU
YANG DIHARAPKAN
|
Berikantandacek
(√ )
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
1. Mengamalkan doa sebelum memulai pembelajaran
|
|
|
|
|
|
2. Menerapkan sikap sportif dalam kegiatan.
|
|
|
|
|
|
3. Menerapkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
|
4. Menerapkan sikap
toleransi
dan mau berbagi dengan teman selama mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor maksimal: 20
|
|
Keterangan : 1 = sangatkurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4
= baik, 5 = sangatbaik
2.2 Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Tabel 05. Daftar pertanyaan penilaian aspek pengetahuan
teknik dasar lari
gawang sprint
No
|
Pertanyaan
yang diajukan
|
Skor
|
1
|
Analisislah Teknik Dasar Lari Pendekatan atau Irama Tiga Langkah lari gawang sprint!
|
0-4
|
2
|
Analisislah Teknik Dasar Bertumpu atau Bertolak lari
gawang sprint!
|
0-4
|
3
|
Analisislah Teknik Dasar Melewati Gawang lari gawang
sprint!
|
0-3
|
4
|
Analisislah Teknik Dasar Pendaratan lari gawang sprint!
|
0-4
|
|
Total skor maksimal
|
15
|
Tabel 06.Kunci jawaban analisis konsep gerak teknik dasar Lari gawang sprint
No
|
Aspek yang dinilai
|
Deskriptor
|
Skor
|
1
|
Teknik Dasar Lari Pendekatan
atau Irama Tiga Langkah
|
a. Lari sejauh delapan langkah menuju gawang pertama
b. Posisi badan tegak dicapai lebih awal daripada dalam suatu start
lari sprint
c. Posisi badan tinggi diantara gawang-gawang
d. Tiga langkah antara gawang-gawang ( pendek-panjang-pendek)
|
0-4
|
2
|
Teknik Dasar Bertolak atau
Bertumpu
|
a. Posisi badan tinggi untuk melakukan penyerangan
b. Sendi-sendi pinggang , lutut dan mata kaki dari kaki topang
adalah diluruskan sepenuhnya
c. Dorongan lebih banyak kedepan dari pada keatas
d. Paha kaki depan diayun dengan cepat keposisi horisontal
|
0-4
|
3
![]()
4
|
Teknik Dasar Melewati Gawang
Tehnik Dasar Pendaratan
|
a. Bertolak tepat didepan gawang dengan telapak kaki
b. Kaki depan diturunkan secara aktif secepat mungkin setelah
melewati gawang
c. Mendarat dengan gerakan aktif pada telapak kaki, tidak ada tumit
menyentuh tanah pada saat sentuh tanah
a. Kaki belakang tetap dilipat samapai saat sentuh tanah kemudian
ditarik dengan cepat dan aktif kedepan
b. Kaki pendaratan adalah kaku. Mendarat dengan telapak kaki
c. Badan jangan condong kebelakang
d. Kontak dengan tanah adalah singkat atau sesaat, langkah pertama
adalah agresif
|
0-3
0-4
|
Total SkorMaksimal
|
15
|
2.3 Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Tabel 07 Deskripsi penilaian Teknik Dasar lari
pendekatan atau irama tiga langkah
Skor
|
Deskripsi
|
|
Skor 1 pada setiap deskriptor
|
a. Lari sejauh delapan langkah menuju gawang pertama
b. Posisi badan tegak dicapai lebih awal daripada dalam suatu start
lari sprint
c. Posisi badan tinggi diantara gawang-gawang
d. Tiga langkah antara gawang-gawang ( pendek-panjang-pendek)
|
Tabel 08 Deskripsi penilaian Teknik Dasar Bertumpu /
Menolak
Skor
|
Deskrisi
|
Skor 1 pada setiap deskriptor
|
a. Posisi badan tinggi untuk melakukan penyerangan
b. Sendi-sendi pinggang , lutut dan mata kaki dari kaki topang
adalah diluruskan sepenuhnya
c. Dorongan lebih banyak kedepan dari pada keatas
d. Paha kaki depan diayun dengan cepat keposisi horisontal
|
Tabel 09 Deskripsi penilaian Teknik Dasar Melewati
gawang
Skor
|
Deskrisi
|
Skor 1 pada setiap deskriptor
|
a. Bertolak tepat didepan gawang dengan telapak kaki
b. Kaki depan diturunkan secara aktif secepat mungkin setelah
melewati gawang
c. Mendarat dengan gerakan aktif pada telapak kaki, tidak ada tumit
menyentuh tanah pada saat sentuh tanah
|
Tabel10 Deskripsi penilaian Teknik Dasar Pendaratan
Skor
|
Deskrisi
|
Skor 1 pada setiap deskriptor
|
a. Kaki belakang tetap dilipat samapai saat sentuh tanah kemudian
ditarik dengan cepat dan aktif kedepan
b. Kaki pendaratan adalah kaku. Mendarat dengan telapak kaki
c. Badan jangan condong kebelakang
d. Kontak dengan tanah adalah singkat atau sesaat, langkah pertama
adalah agresif
|
Tabel 11 Format asesmen penilaian hasil belajar tehnik dasar lari
gawang sprint
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
||||||
Lari pendekatan atau irama tiga langkah
|
Bertumpu / Menolak
|
Melewati gawang
|
Pendaratan
|
|||||||
a
|
b
|
c
|
d
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
||||
2
|
|
|
|
|
|
|
||||
3
|
|
|
|
|
|
|
||||
MENGETAHUI, GURU
MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH
............................................ ...............................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar