HO-3.1-2
|
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
(Ganjil )
Materi Pokok/Topik : Atletik Nomor
Lompat/ Tehnik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok
Pertemuan ke : I (Pertama)
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam
pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
:
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan
kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain.
2.5
Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan tehnik dasar lompat jauh gaya
jongkok
2.6 Disiplin selama
melakukan tehnik dasar lompat jauh gaya jongkok
3.7 Mengkategorikan dan menyusun pola gerak keterampilan nomor-nomor atletik
(lompat jauh, lompat tinggi dan lempar)
4.1 Mengukur keterampilan
olahraga nomor-nomor atletik (lompat jauh, lompat tinggi, dan lempar), menyusun
rencana perbaikan keterampilan dan memperaktikkannya dalam permainan yang
sesungguhnya.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.
Siswa
mengamalkan doa sebelum memulai pembelajaran .
2.
Mengamalkan
sikap sportif dalam mengikuti pembelajaran..
3.
Mengamalkan
sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
4.
Mengamalkan sikap toleransi
dan mau berbagi dengan teman selama
mengikuti pembelajaran.
5.
Menganalisis tehnik dasar lompat jauh gaya jongkok
6.
Mencoba tehnik dasar lompat jauh gaya jongkok
D. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.
Siswa mengamalkan doa
menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
2.
Mengamalkan
sikap sportif dalam mengikuti pembelajaran.
3.
Mengamalkan
sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
4.
Mengamalkan sikap toleransi
dan mau berbagi dengan teman selama
mengikuti pembelajaran
5.
Menganalisis teknik dasar awalan lompat jauh gaya jongkok dengan benar.
6.
Menganalisis
teknik dasar tolakan lompat jauh gaya jongkok dengan
benar.
7.
Menganalisis
teknik dasar sikap di udara lompat
jauh gaya jongkok dengan benar.
8.
Menganalisis
teknik dasar mendarat lompat jauh
gaya jongkok dengan benar.
9.
Mencoba
teknik dasar awalan lompat jauh gayajongkok dengan benar.
10.
Mencoba teknik dasar tolakan lompat jauh gaya jongkok dengan
benar.
11.
Mencoba teknik dasar sikap di udara lompat
jauh gaya jongkok dengan benar.
12.
Mencoba
teknik dasar mendarat lompat jauh gaya jongkok
dengan benar.
E. Materi Pembelajaran :
Teknik Dasar Lompat jauh Gaya Jongkok
Lompat jauh adalah salah satu nomor
dalam cabang olahraga atletik yang bertolak dengan salah satu kaki dengan
ketentuan-ketentuan atau peraturan yang berlaku untuk mencapai jarak lompatan
yang kemudian diukur jaraknya atau jauhnya. Gerak lompat jauh dapat dibagi atas
awalan, tumpuan atau tolakan, sikap melayang di udara, dan sikap mendarat. Dalam lompat jauh terdapat beberapa teknik yang dapat dilakukan, salah satunya adalah teknik gaya jongkok.
- Teknik Awalan Lompat Jauh
a.
Teknik awalan lompat jauh adalah berlari antara 10 langkah (untuk pemula)
sampai 20 langkah (untuk atlit)
b.
Berdiri di titik awalan
c.
Kecepatan awalan meningkat secara menerus sampai balok tolakan
(memperaktikkan percepatan)
d.
Pada saat lari badan condong sedikit
d
|
c
|
b
|
a
|
Gambar 1.
Tahap Awal Lompat Jauh Gaya Jongkok
(Eddy Purnomo, 2007: 28)
- Teknik Tolakan Lompat Jauh
a.
Menolak dengan satu kaki
b.
Penumpuan kaki aktif dan cepat dengan suatu gerakan ke bawah dan belakang (gerakan
mengkais)
c.
Pada saat akan menumpu badan agak direbahkan ke belakang, kaki agak
dibengkokkan
d.
Menolak tepat dibalok tolakan dan waktu tolakan dipersingkat
e.
Paha kaki bebas (ayun) didorong ke posisi horizontal
f.
Ankle, lutut, dan pinggang diluruskan sepenuhnya
g.
Sudut lompatan yang baik kurang lebih 450
g
|
a
|
d
|
f
|
b
|
c
|
e
|
Gambar 2.
Tahap Tolakan Lompat Jauh Gaya Jongkok
(U. Jonath,
dkk, 1987: 199)
3. Sikap
Di Udara Lompat Jauh Gaya Jongkok
a. Kedua
lengan lurus di samping kepala.
b. Gerak
badan membungkuk ke depan dan lutut ditekuk di depan dada, seolah-olah
berjongkok.
c. Saat akan mendarat kedua kaki dan lengan diluruskan
kedepan bersamaan berat badan dibawa ke depan.
d. Saat mendarat kedua kaki bersamaan menyentuh pasir dan
kedua tangan masih lurus ke depan.
d
|
b
|
c
|
a
|
Gambar 3.
Tahap Melayang Lompat Jauh Gaya Jongkok
(Eddy Purnomo,
2007: 86)
4.
Teknik Mendarat
a.
Kedua kaki hampir sepenuhnya diluruskan
b.
Badan dibengkokkan ke depan
c.
Tangan diluruskan kedepan kemudian ditarik ke belakang
d.
Pinggul didorong ke depan menuju titik pendaratan
e.
Pada saat kaki menyentuh di pasir lutut harus siap untuk ditekuk
d
|
b
|
c
|
e
|
a
|
Gambar 4.
Tahap Mendarat Lompat Jauh Gaya Jongkok
(Eddy Purnomo, 2007: 91)
F. Pendekatan/Metode/Model
Pembelajaran
1.
Pendekatan: saintifik (scientific)
- Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
G. Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM)
Disesuaikan dengan KKM sekolah
masing-masing
H. Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan :
Fase 1:
Menyampaikan
tujuan dan memotivasi siswa
|
·
Menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik (berbaris, berdoa, presensi, menanyakan kondisi siswa, dan
sejenisnya)
Orientasi
·
Guru memberikan orientasi kepada
peserta didik masalah pemahaman awal tentang materi teknik dasar Lompat jauh gaya jongkok melalui penayangan video, gambar, contoh-contoh dan sejenisnya
Apersepsi
·
Guru memberikan persepsi awal dan
tujuan pembelajaran teknik dasar lompat jauh gaya jongkok kepada peserta didik, contoh : Apakah ada yang
sudah pernah melakukan lompat jauh?
Motivasi
·
Guru memberikan gambaran manfaat
mempelajari materi teknik dasar lompat jauh gaya jongkok
Pemberian Acuan
·
Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan
dipelajari seperti penjelasan materi pokok teknik dasar lompat jauh gaya jongkok guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok belajar.
Menyiapkan peserta didik secara psikis
dan fisik
·
pemanasan baik statis maupun dinamis
terkait dengan materi teknik dasar lompat jauh gaya jongkok
|
15 menit
|
Inti :
Fase 2:
Menyajikan/menyampaikan
informasi
Fase 3:
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok
|
Eksplorasi
·
Guru menyajikan materi dan mendemonsrasikan gerakan teknik dasar lompat jauh gaya
jongkok dengan bantuan beberapa peserta didik
·
Peserta didik mengamati gerakan teknik dasar lompat jauh gaya
jongkok yang dilakukan oleh guru
·
Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang gerakan teknik dasar lompat jauh gaya jongkok yang didemonstrasikan oleh guru
·
Peserta didik diberi kesempatan untuk mencoba secara disiplin,
teratur, bergiliran untuk melakukan gerakan teknik dasar lompat jauh gaya jongkok yang didemontrasikan
oleh guru dengan cara
mereka tanpa harus sepenuhnya sesuai dengan contoh guru
·
Guru membagi siswa menjadi kelompok
yang yang
heterogen baik jenis kelamin, ras, etnik maupun kemampuan (tinggi, sedang,
rendah) dan mengatur posisi siswa.
·
Siswa membentuk kelompok sesuai dengan
intruksi dari Guru
|
70 menit
|
Fase 4 :
Membimbing
kelompok belajar
|
Elaborasi
·
Peserta didik memperagakan secara disiplin,
teratur, bergiliran dalam melakukan teknik dasar lompat jauh gaya jongkok dengan tahap – tahapan
yang sudah dijelaskan oleh guru, mulai dari kelompok pertama melakukan dan
kelompok kedua mengamati dan dilanjutkan kelompok kedua melakukan dan
kelompok pertama mengamati.
·
Peserta didik berbagi dengan
teman-temannya tentang teknik dasar lompat jauh gaya jongkok
·
Guru
memonitor dan membimbing pelaksanaan gerak
lompat jauh gaya jongkok dari awalan, tumpuan, sikap diudara dan mendarat
(Konfirmasi).
|
|
Fase 5:
Evaluasi (Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan)
Penghargaan
|
Konfirmasi
·
Guru melakukan evaluasi hasil belajar teknik
dasar lompat jauh gaya
jongkok sesuai dengan tahapan- tahapan
pelaksanaan.
·
Peserta didik
menyimpulkan materi teknik dasar lompat jauh gaya jongkok yang meliputi sikap awal, sikap tolakan, sikap
di udara dan sikap akhir
·
Peserta didik melaksanakan tugas gerak teknik dasar lompat jauh gaya jongkok dengan menciptakan formasi baru,
dan menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan seperti sikap
awal, sikap tolakan, sikap di udara dan
sikap akhir
·
Memberikan penghargaan kepada peserta
didik yang berhasil mencoba dan menunjukkan keterampilan tehnik dasar
lompat jauh gaya jongkok dengan baik dan benar, berupa pujian,
sanjungan, tepuk tangan dan sejenisnya.
|
|
Penutup:
|
·
Guru bersama peserta didik mempersiapkan
kondisi fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran berikutnya.
·
Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
pembelajaran pada pertemuan hari ini.
·
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
menyampaikan pendapatnya mengenai pembelajaran yang telah dilaksanakan
·
Guru memberikan tugas gerak untuk melatih
gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada kesempatan yang berbeda
·
Guru menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
·
Guru beserta peserta didik berdoa dan
menutup pembelajaran
|
20 Menit
|
H.
Alat dan Sumber Belajar
- Alat dan bahan:
a. Bak pasir
b. Papan tumpuan
c. Peluit
d. Bendera kecil
e. Alat-alat tulis
f. Lembar evaluasi hasil belajar lompat jauh
g. Lembar observasi aktivitas belajar lompat jauh
- Sumber (buku terbaru)
I.A.A.F. 2000. Pedoman Mengajar Lari Lompat Lempar.Jakarta
: Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi IAAF
F. Penilaian
1. Teknik penilaian:
- Penilaian sikap (Afektif) (meliputi
pengamatan oleh guru, diri sendiri dan teman sejawat) :
Penilaian aspek sikap oleh guru dilakukan selama proses pembelajaran
berlangsung dari awal hingga akhir, penilaian oleh diri sendiri dan penilaian
oleh teman sejawat dilakukan pada akhir pembelajaran teknik dasar Lompat Jauh gaya jongkok. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu sikap berdoa,
sportif dan disiplin. Skor terakhir diambil dari rata-rata ketiga penilaian
sikap.
Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
Tabel 01 Katagori
Nilai Aspek Sikap (Afektif)
No.
|
Rentang Nilai
|
Keterangan
|
Kategori
|
1.
|
85-100
|
A
|
Sangat baik
|
2.
|
70-84
|
B
|
Baik
|
3.
|
55-69
|
C
|
Cukup
|
4.
|
45-54
|
D
|
Kurang
|
5.
|
0-44
|
E
|
Sangat kurang
|
- Penilaian pengetahuan (Kognitif):
Jawablah dengan benar pertanyaan-pertanyaan dibawah ini, mengenai konsep
gerak teknik dasar Lompat jauh gaya jongkok!
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban siswa sesuai dengan skor yang ada pada
masing-masing deskriptor, skor 1 untuk setiap deskriptor, skor maksimal 20
Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
Tabel 02 Katagori Nilai Aspek
Pengetahuan (Kognitif)
No.
|
Rentang Nilai
|
Keterangan
|
Kategori
|
1.
|
85-100
|
A
|
Sangat baik
|
2.
|
70-84
|
B
|
Baik
|
3.
|
55-69
|
C
|
Cukup
|
4.
|
45-54
|
D
|
Kurang
|
5.
|
0-44
|
E
|
Sangat kurang
|
- Penilaian keterampilan (Psikomotor):
Lakukanlah teknik dasar Lompat jauh gaya jongkok
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas keterampilan tehnik dasar lompat
jauh tehnik menggantung dilakukan dengan menggunakan format assesmen
penilaian hasil belajar lompat jauh tehnik menggantung (tabel 04) dengan cara memberikan tanda cek ( √ ) pada setiap deskriptor ,
skor 1 untuk setiap deskriptor.
Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
Tabel 03 Katagori Nilai
Aspek Keterampilan (Psikomotor)
No.
|
Rentang Nilai
|
Keterangan
|
Kategori
|
1.
|
85-100
|
A
|
Sangat baik
|
2.
|
70-84
|
B
|
Baik
|
3.
|
55-69
|
C
|
Cukup
|
4.
|
45-54
|
D
|
Kurang
|
5.
|
0-44
|
E
|
Sangat kurang
|
2. Rubrik Penilaian
2.1 Penilaian Sikap (Afektif)
Tabel 04. Deskripsi penilaian sikap teknik dasar lompat jauh gaya jongkok
PERILAKU
YANG DIHARAPKAN
|
Berikan
tanda cek (√ )
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
1. Siswa
mengamalkan doa sebelum memulai pembelajaran
|
|
|
|
|
|
2. Mengamalkan
sikap sportif dalam kegiatan.
|
|
|
|
|
|
3. Mengamalkan
sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
|
4. Mengamalkan sikap toleransi dan mau berbagi dengan teman selama mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor maksimal: 20
|
|
Keterangan : 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup,
4 = baik, 5 = sangat baik
2.2 Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Tabel 05. Daftar pertanyaan penilaian aspek pengetahuan
teknik dasar lompat
jauh gaya jongkok
No
|
Pertanyaan
yang diajukan
|
Skor
|
1
|
Analisislah teknik dasar awalan lompat jauh!
|
0-5
|
2
|
Analisislah teknik dasar
tolakan atau bertumpu dalam lompat jauh!
|
0-7
|
3
|
Analisislah teknik dasar sikap di udara gaya jongkok dalam lompat jauh!
|
0-3
|
4
|
Analisislah teknik dasar mendarat dalam lompat jauh!
|
0-5
|
|
Total skor maksimal
|
20
|
Tabel 06. Kunci jawaban
analisis konsep gerak teknik dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok
No
|
Aspek yang dinilai
|
Deskriptor
|
Skor
|
1
|
Teknik Dasar Awalan dalam Lompat Jauh
|
a.
Teknik awalan lompat jauh adalah
berlari antara 10 langkah (untuk pemula) sampai 20 langkah (untuk atlit)
b.
Berdiri di titik awalan
c.
Kecepatan awalan meningkat secara
menerus sampai balok tolakan (memperaktikkan percepatan)
d.
Pada saat lari badan condong sedikit
e.
Pandangan ke arah lompatan
|
0-5
|
2
|
Teknik Dasar Tolak/Bertumpu dalam Lompat Jauh
|
a.
Menolak dengan satu kaki
b.
Penumpuan kaki aktif dan cepat
dengan suatu gerakan ke bawah dan belakang (gerakan mengkais)
c.
Pada saat akan menumpu badan agak
direbahkan ke belakang, kaki agak dibengkokkan
d.
Menolak tepat dibalok tlakan dan
waktu tolakan dipersingkat
e.
Paha kaki bebas (ayun) didorong ke
posisi horizontal
f.
Ankle, lutut, dan pinggang
diluruskan sepenuhnya
g.
Sudut lompatan yang baik kurang
lebih 450
|
0-7
|
3
4
|
Teknik Dasar Sikap di Udara Gaya Jongkok dalam Lompat Jauh
Tehnik Dasar Mendarat dalam
Lompat jauh
|
a. Kedua
lengan lurus di samping kepala.
b. Gerak
badan membungkuk ke depan dan lutut ditekuk di depan dada, seolah-olah
berjongkok.
c. Saat akan mendarat kedua kaki dan lengan diluruskan
kedepan bersamaan berat badan dibawa ke depan.
a.
kaki hampir sepenuhnya diluruskan
b.
Badan dibengkokkan ke depan
c.
Tangan diluruskan kedepan kemudian
ditarik ke belakang
d.
Pinggul didorong ke depan menuju
titik pendaratan
e.
Pada saat kaki menyentuh di pasir
lutut harus siap untuk ditekuk
|
0-3
0-5
|
Total Skor
Maksimal
|
20
|
2.3 Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Tabel 07 Deskripsi penilaian Teknik Dasar Awalan Lompat Jauh
Skor
|
Deskripsi
|
|
Skor 1 pada setiap
deskriptor
|
a.
Teknik awalan lompat jauh adalah
berlari antara 10 langkah (untuk pemula) sampai 20 langkah (untuk atlit)
b.
Berdiri di titik awalan
c.
Kecepatan awalan meningkat secara
menerus sampai balok tolakan (memperaktikkan percepatan)
d.
Pada saat lari badan condong sedikit
Pandangan ke arah lompatan
e.
Pandangan ke arah lompatan
|
Tabel 08 Deskripsi penilaian Tolakan atau Bertumpu dalam Lompat Jauh
Skor
|
Deskrisi
|
Skor 1 pada setiap deskriptor
|
a.
Menolak dengan satu kaki
b.
Penumpuan kaki aktif dan cepat
dengan suatu gerakan ke bawah dan belakang (gerakan mengkais)
c.
Pada saat akan menumpu badan agak
direbahkan ke belakang, kaki agak dibengkokkan
d.
Menolak tepat dibalok tlakan dan
waktu tolakan dipersingkat
e.
Paha kaki bebas (ayun) didorong ke
posisi horizontal
f.
Ankle, lutut, dan pinggang
diluruskan sepenuhnya
g.
Sudut lompatan yang baik kurang
lebih 450
|
Tabel 09
Deskripsi penilaian Teknik Dasar Sikap di Udara Gaya Jongkok dalam Lompat Jauh
Skor
|
Deskrisi
|
Skor 1 pada setiap deskriptor
|
a. Kedua
lengan lurus di samping kepala.
b. Gerak
badan membungkuk ke depan dan lutut ditekuk di depan dada, seolah-olah
berjongkok.
c. Saat akan mendarat kedua kaki dan lengan diluruskan
kedepan bersamaan berat badan dibawa ke depan.
|
Tabel 10 Deskripsi penilaian Teknik Dasar Mendarat lompat jauh
Skor
|
Deskrisi
|
Skor 1 pada setiap deskriptor
|
a.
kaki hampir sepenuhnya diluruskan
b.
Badan dibengkokkan ke depan
c.
Tangan diluruskan kedepan kemudian
ditarik ke belakang
d.
Pinggul didorong ke depan menuju
titik pendaratan
e.
Pada saat kaki menyentuh di pasir
lutut harus siap untuk ditekuk
|
Tabel 11 Format asesmen penilaian hasil belajar teknik dasar lompat jauh gaya jongkok
No
|
Nama
Siswa
|
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
(Ganjil )
Materi Pokok/Topik : Atletik Nomor
Lompat/ Tehnik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok
Pertemuan ke : I (Pertama)
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
:
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan
kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain.
2.5
Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan tehnik dasar lompat jauh gaya
jongkok
2.6 Disiplin selama
melakukan tehnik dasar lompat jauh gaya jongkok
3.7 Mengkategorikan dan menyusun pola gerak keterampilan nomor-nomor atletik
(lompat jauh, lompat tinggi dan lempar)
4.1 Mengukur keterampilan
olahraga nomor-nomor atletik (lompat jauh, lompat tinggi, dan lempar), menyusun
rencana perbaikan keterampilan dan memperaktikkannya dalam permainan yang
sesungguhnya.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.
Siswa
mengamalkan doa sebelum memulai pembelajaran .
2.
Mengamalkan
sikap sportif dalam mengikuti pembelajaran..
3.
Mengamalkan
sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
4.
Mengamalkan sikap toleransi
dan mau berbagi dengan teman selama
mengikuti pembelajaran.
5.
Menganalisis tehnik dasar lompat jauh gaya jongkok
6.
Mencoba tehnik dasar lompat jauh gaya jongkok
D. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.
Siswa mengamalkan doa
menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
2.
Mengamalkan
sikap sportif dalam mengikuti pembelajaran.
3.
Mengamalkan
sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
4.
Mengamalkan sikap toleransi
dan mau berbagi dengan teman selama
mengikuti pembelajaran
5.
Menganalisis teknik dasar awalan lompat jauh gaya jongkok dengan benar.
6.
Menganalisis
teknik dasar tolakan lompat jauh gaya jongkok dengan
benar.
7.
Menganalisis
teknik dasar sikap di udara lompat
jauh gaya jongkok dengan benar.
8.
Menganalisis
teknik dasar mendarat lompat jauh
gaya jongkok dengan benar.
9.
Mencoba
teknik dasar awalan lompat jauh gayajongkok dengan benar.
10.
Mencoba teknik dasar tolakan lompat jauh gaya jongkok dengan
benar.
11.
Mencoba teknik dasar sikap di udara lompat
jauh gaya jongkok dengan benar.
12.
Mencoba
teknik dasar mendarat lompat jauh gaya jongkok
dengan benar.
E. Materi Pembelajaran :
Teknik Dasar Lompat jauh Gaya Jongkok
Lompat jauh adalah salah satu nomor
dalam cabang olahraga atletik yang bertolak dengan salah satu kaki dengan
ketentuan-ketentuan atau peraturan yang berlaku untuk mencapai jarak lompatan
yang kemudian diukur jaraknya atau jauhnya. Gerak lompat jauh dapat dibagi atas
awalan, tumpuan atau tolakan, sikap melayang di udara, dan sikap mendarat. Dalam lompat jauh terdapat beberapa teknik yang dapat dilakukan, salah satunya adalah teknik gaya jongkok.
a.
Teknik awalan lompat jauh adalah berlari antara 10 langkah (untuk pemula)
sampai 20 langkah (untuk atlit)
b.
Berdiri di titik awalan
c.
Kecepatan awalan meningkat secara menerus sampai balok tolakan
(memperaktikkan percepatan)
d.
Pada saat lari badan condong sedikit
Gambar 1.
Tahap Awal Lompat Jauh Gaya Jongkok
(Eddy Purnomo, 2007: 28)
a.
Menolak dengan satu kaki
b.
Penumpuan kaki aktif dan cepat dengan suatu gerakan ke bawah dan belakang (gerakan
mengkais)
c.
Pada saat akan menumpu badan agak direbahkan ke belakang, kaki agak
dibengkokkan
d.
Menolak tepat dibalok tolakan dan waktu tolakan dipersingkat
e.
Paha kaki bebas (ayun) didorong ke posisi horizontal
f.
Ankle, lutut, dan pinggang diluruskan sepenuhnya
g.
Sudut lompatan yang baik kurang lebih 450
Gambar 2.
Tahap Tolakan Lompat Jauh Gaya Jongkok
(U. Jonath,
dkk, 1987: 199)
3. Sikap
Di Udara Lompat Jauh Gaya Jongkok
a. Kedua
lengan lurus di samping kepala.
b. Gerak
badan membungkuk ke depan dan lutut ditekuk di depan dada, seolah-olah
berjongkok.
c. Saat akan mendarat kedua kaki dan lengan diluruskan
kedepan bersamaan berat badan dibawa ke depan.
d. Saat mendarat kedua kaki bersamaan menyentuh pasir dan
kedua tangan masih lurus ke depan.
Gambar 3.
Tahap Melayang Lompat Jauh Gaya Jongkok
(Eddy Purnomo,
2007: 86)
4.
Teknik Mendarat
a.
Kedua kaki hampir sepenuhnya diluruskan
b.
Badan dibengkokkan ke depan
c.
Tangan diluruskan kedepan kemudian ditarik ke belakang
d.
Pinggul didorong ke depan menuju titik pendaratan
e.
Pada saat kaki menyentuh di pasir lutut harus siap untuk ditekuk
Gambar 4.
Tahap Mendarat Lompat Jauh Gaya Jongkok
(Eddy Purnomo, 2007: 91)
F. Pendekatan/Metode/Model
Pembelajaran
1.
Pendekatan: saintifik (scientific)
G. Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM)
Disesuaikan dengan KKM sekolah
masing-masing
H. Kegiatan Pembelajaran.
H.
Alat dan Sumber Belajar
a. Bak pasir
b. Papan tumpuan
c. Peluit
d. Bendera kecil
e. Alat-alat tulis
f. Lembar evaluasi hasil belajar lompat jauh
g. Lembar observasi aktivitas belajar lompat jauh
I.A.A.F. 2000. Pedoman Mengajar Lari Lompat Lempar.Jakarta
: Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi IAAF
F. Penilaian
1. Teknik penilaian:
- Penilaian sikap (Afektif) (meliputi
pengamatan oleh guru, diri sendiri dan teman sejawat) :
Penilaian aspek sikap oleh guru dilakukan selama proses pembelajaran
berlangsung dari awal hingga akhir, penilaian oleh diri sendiri dan penilaian
oleh teman sejawat dilakukan pada akhir pembelajaran teknik dasar Lompat Jauh gaya jongkok. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu sikap berdoa,
sportif dan disiplin. Skor terakhir diambil dari rata-rata ketiga penilaian
sikap.
Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
Tabel 01 Katagori
Nilai Aspek Sikap (Afektif)
- Penilaian pengetahuan (Kognitif):
Jawablah dengan benar pertanyaan-pertanyaan dibawah ini, mengenai konsep
gerak teknik dasar Lompat jauh gaya jongkok!
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban siswa sesuai dengan skor yang ada pada
masing-masing deskriptor, skor 1 untuk setiap deskriptor, skor maksimal 20
Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
Tabel 02 Katagori Nilai Aspek
Pengetahuan (Kognitif)
- Penilaian keterampilan (Psikomotor):
Lakukanlah teknik dasar Lompat jauh gaya jongkok
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas keterampilan tehnik dasar lompat
jauh tehnik menggantung dilakukan dengan menggunakan format assesmen
penilaian hasil belajar lompat jauh tehnik menggantung (tabel 04) dengan cara memberikan tanda cek ( √ ) pada setiap deskriptor ,
skor 1 untuk setiap deskriptor.
Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
Tabel 03 Katagori Nilai
Aspek Keterampilan (Psikomotor)
2. Rubrik Penilaian
2.1 Penilaian Sikap (Afektif)
Tabel 04. Deskripsi penilaian sikap teknik dasar lompat jauh gaya jongkok
Keterangan : 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup,
4 = baik, 5 = sangat baik
2.2 Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Tabel 05. Daftar pertanyaan penilaian aspek pengetahuan
teknik dasar lompat
jauh gaya jongkok
Tabel 06. Kunci jawaban
analisis konsep gerak teknik dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok
2.3 Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Tabel 07 Deskripsi penilaian Teknik Dasar Awalan Lompat Jauh
Tabel 08 Deskripsi penilaian Tolakan atau Bertumpu dalam Lompat Jauh
Tabel 09
Deskripsi penilaian Teknik Dasar Sikap di Udara Gaya Jongkok dalam Lompat Jauh
Tabel 10 Deskripsi penilaian Teknik Dasar Mendarat lompat jauh
Tabel 11 Format asesmen penilaian hasil belajar teknik dasar lompat jauh gaya jongkok
MENGETAHUI, GURU
MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH
......................................... ...............................................
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Teknik Dasar Awalan
|
Tumpuan /
Menolak
|
Melayang Gaya Jongkok
|
Mendarat
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
f
|
g
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MENGETAHUI, GURU
MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH
......................................... ...............................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar