RPP kurikulum 2013 Atletik Lempar Cakram

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan        :SMAN
Mata Pelajaran               : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester               : XII/I (Ganjil)
Materi Pokok/Topik       : ATLETIK (Lempar Cakram)
Pertemuan Ke                : I (Pertama)
Alokasi Waktu               : 2x45 menit (1 x pertemuan)

A.   Kompetensi Inti
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.   Kompetensi Dasar
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
2.1   Mengamalkan sikap sportif dalam bermain.

2.5    Mengamalkan sikap toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan teknik dasar lempar caram
2.6    Mengamalkan sikap disiplin selama melakukan teknik dasar lempar cakram
3.6  Mengevaluasi efektivitas strategi dalam simulasi pelombaan nomor-nomor atletik yang disusun sesuai peraturan
4.3 Mepragakan dan mengevaluasi strategindan taktik dalam perlombaan nomor-nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar) dengan peraturan terstandar.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.      Siswa mengamalkan doa sebelum memulai pembelajaran .
2.      Mengamalkan sikap sportif dalam bermain.
3.      Mengamalkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
4.      Mengamalkan sikap toleransi dan mau berbagi dengan teman selama mengikuti pembelajaran.
5.      Menganalisis teknik dasar lempar cakram
6.      Mencoba teknik dasar lempar cakram
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melafalkan doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing
2.      Mengamalkan sikap sportif dalam melakukan gerakan melempar cakram
3.      Mengamalkan siikap disiplin dalam pemblajaran
4.      Mengamalkan sikap toleransi dan mau berbagi dengan teman selama mengikuti pembelajaran
5.      Menganalisis teknik memegang cakram denga benar
6.      Menganalisis teknik dasar pase ayunan dalam lempar cakram dengan benar
7.      Menganalisis teknik dasar pase memutar dalam lempar cakram dengan benar.
8.      Menganalisis teknik dasar pase  melepaskan cakram  dalam lempar cakramdengan benar.
9.      Menganalisis teknik dasar pase pemulihan dalam lempar cakram
10.  Mencoba memegang cakram dengan benar
11.  Mencoba teknik dasar pase ayunan melempar cakram dengan benar
12.  Mencoba teknik dasar pase memutar melempar cakram dengan benar
13.  Mencoba teknik dasar pase melepaskan cakram dengan benar
14.  Mencoba sikap akhir (pemulihan)  melempar cakram dengan benar.
E.    Materi Ajar
Lempar Cakram
            Olahraga Lempar Cakram adalah salah satu nomor perlombaan lempar yang utama dalam atletik. Namun dalam perlombaan atletik indoor, nomor Lempar Cakram tidak diperlombakan. Olahraga ini telah ada sejak olimpiade kuno.
Dalam perlombaan Lempar Cakram, atlet berlomba melemparkan objek berbentuk cakram sejauh mungkin dengan mengikuti peraturan yang berlaku. Dalam perlombaan atletik resmi, diberi kesempatan melempar sebanyak tiga kali. Kemudian dari sejumlah atlet babak awal, akan dipilih delapan atlet terbaik, yang akan diberi kesempatan tiga kali lagi. Lempar Cakram diperlombakan bagi laki-laki maupun perempuan.
Teknik dasar dalam lempar cakram yang pertama, yaitu:
Adapun teknik-teknik yang harus di perhatikan dalam lempar cakram yaitu:
1.      Cara Memegang Cakram
Dalam olahraga lempar cakram, ada teknik cara memegang yang perlu diperhatikan yaitu :
a.       Cakram dipegang pada sendi akhir dari jari-jari
b.      Jari-jari dibuka atau disebar pada pinggiran cakram
c.       Pergelagan tangan relax dan lurus
d.      Cakram bersandar pada dasar telapak tangan
e.       Ibu jari menempel pada cakram


2.            Pase Ayunan
Pada pase ayunan ini berfungsi untuk mempersiapkan gerakan putar dengan memutar dan untuk memberi pra-tegangan pada badan, bahu dan lengan.
  1. Posisi punggung menghadap arah lemparan
  2. Posisi kaki dibukak selebar bahu
  3. Berat badan berada pada kedua kaki
  4. Cakram diayun kebelakang dan dibelakang naik sampai proyek vertikal dari tumit kaki
  5. Badan diputar pada waktu yang sama
                                                                                   A
E                                                                                         D


C
                                                                                           B

3.      Pase Memutar
Pada pase ini, bertujuan untuk mempercepat geraka pelempar dan cakram dan untuk mempersiapkan untuk bagian yang tanpa pendukung serta memberi prategangan pada badan.
a.       Posisi lutut, lengan dan telapak kaki diputar secara aktif dan serentak searah dengan lemparan
b.      Posisi kaki diayun rendah dan lebar melewati lingkaran lempar
c.       Posisi tangan saat melempar berada diatas pinggang dan dibelakang badan
d.      Posisi tangan mendorong kedepan kedepan ketika jari-jarinya menunjuk kearah lemparan



4.      Pase melepaskan cakram
Pase ini bertujuan untuk memelihara momentum dan memulai gerak percepatan akhir dari cakram.
a.       Posisi tangan diputar segera kearah lemparan
b.      Berat badan ditumpukan pada kaki kanan atau kiri yang dibengkokan
c.       Posisi lengan pelempar ditarik setelah kedua kaki membuat kontak dengan tanah dan pinngang telah berputar
d.      Cakram meninggalkan tangan pada atau sedikit dibawah ketinggian bahu
 








                 A                   B                     C                             D
5.      Pase Pemulihan
Untuk menyeimbangkan pelempar dan mencegah pembuatan kesalahan, serta menghidarkan pelempar dari cidera.
a.       Posisi kaki bertukar dengan cepat setelah cakram lepas
b.      Posisi kaki kanan ditekuk
c.       Posisi badan bagian aras diturunkan
d.      Kaki kiri diayunkan kebelakang
 


C


D                                                                                                                   B
 


A
F.    Alokasi Waktu
2 x 45 menit
G.   Pendekatan/Strategi/Metode
Pendekatan:Saintifik (Scientific).
Metode: Metode pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Shere)
H. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Disesuaikan dengan KKM sekolah masing-masing
I.  Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan:
Menyiapkan tujuan dan memotivasi siswa
a.       Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik (berbaris, berdoa, presensi, menanyakan kondisi siswa dan sejenisnya)
Orientasi
·       Guru memberikan orientasi kepada peserta didik masalah pemahaman awal tentang materi teknik dasar melempar cakram melalui penayangan video, gambar, contoh-contoh dan sejenisnya
Apersepsi
·       Guru memberikan persepsi awal dan tujuan pembelajaran teknik dasar melempar cakram kepada peserta didik, contoh: Apa pernah milihat/menonton olahrga melempar cakram? Apakah pernah melakukan gerakan melempar cakram?
Motivasi
·       Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari materi teknik dasar melempar cakram
Pemberian Acuan
·       Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari seperti penjelasan materi pokok teknik dasar melempar cakram, pembagian kelompok belajar, penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik
·      pemanasan baik statis maupun dinamis terkait dengan materi teknik dasar melempar cakram.

15 menit
Inti:
Menyajikan imformasi










Bepikir (Think) Penyampaian pertanyaan atau isu
Eksplorasi 
·   Guru menyajikan atau mempraktikan teknik dasar melempar dalam olahraga lempar cakram








·   Peserta didik mengamati gerakan teknik dasar melempar cakram yang dilakukan oleh guru
·   Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya tentang gerakan dasar melempar cakramyang di demontrasikan oleh guru
·   Peserta didik diberi kesempatan untuk mencoba atau mempraktikan garakan dasar melempar cakram tanpa menggunakan alat bantu
·   Siswa mulai mencoba atau mempraktikan gerakan melempar cakram dengan menggunakan alat bantu cakram.  
50 menit
Berpasangan (Pair)
Pembentukan pasangan dan belajar kelompok
Elaborasi
·         Peserta didik melakukan teknik dasar melempar cakram  berkelompok dan mengolah secara disiplin, bergiliran satu sama lain dengan teratur.
·         Peserta didik menyajikan/mempragakan secara disiplin, teratur, bergiliran dalam melakukan teknik dasar melempar cakram, mulai dari teknik memegang cakram sampai akhir gerakan

Berbagi (Share)
·         Peserta didik berbagi dengan teman-temannya tentang teknik dasar melempar cakram  dengan rincian kegiatan sebagai berikut: sikap awal, sikap pelaksanaan dan sikap akhir
·         Peserta didik melakukan gerakan melempar cakram dengan gaya ¼, ¾, 13/4 secara bergantian.

Evaluasi (Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan)


Konfirmasi
  • Guru melakukan evaluasi hasil belajar teknik dasar melempar cakram selama proses pembelajaran berlangsung
·         Peserta didik menyimpulkan materi teknik melempar cakram yang meliputi sikap awal, sikap pelaksanaan dan sikap akhir
·         Peserta didik melaksanakan tugas gerak teknik dasar melempar cakram dengan menciptakan gerakan yang baik dan benar, dan menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan seperti sikap awal, sikap pelaksanaan dan sikap akhir
  • Memberikan penghargaan kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok yang berhasil mencoba dan melakukan gerakan melempar cakram dengan baik dan benar, berupa pujian, sanjungan, tepuk tangan dan sejenisnya.

Penutup
·         Siswa melakukan pendinginan agar tidak mengalami cidera atau sakit setelah berolahraga
·         Guru bersama peserta didik membuat rangkuman/simpulan mengenai teknik dasar melempar cakram
·         Guru memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·         Guru menyampaikan pesan moral kepada siswa untuk senantiasa memplajari ataupun mengulang gerakan dasar melempar siswa di luar jam sekolah.
·         Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
·         Salam dan doa penutup.
20 menit

I. Alat dan Sumber Belajar
  1. Alat dan bahan:
a.       Lapangan/tanah datar yang lapang
b.      Cakram
c.       Stopwacth  
d.      Peluit
  1. Sumber (buku terbaru)
Muller dan Ritzdorf 2000.Pedoman Resmi Mengajar Aletik . Jakarta: Staf Sekretariat IAAF-RDC
J.   Penilaian.
1. Teknik Penilaian
1.1  Penilaian sikap (apekif) (meliputi pengamatan oleh guru, diri sendiri dan teman sejawat)

Penilaian aspek sikap oleh guru dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dari awal hingga akhir, penilaian oleh diri sendiri dan penilaian oleh teman sejawat dilakukan pada akhir pembelajaran teknik dasar melempar cakram. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu sikap berdoa, sportif dan disiplin. Skor terakhir diambil dari rata-rata ketiga penilaian sikap.  
                                                             Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  =                                                              x 100
                                             Jumlah skor maksimal
                Tabel 01 Katagori Nilai Aspek Sikap (Afektif)
No.
Rentang Nilai
Keterangan
Kategori
1.
85-100
A
Sangat baik
2.
70-84
B
Baik
3.
55-69
C
Cukup
4.
45-54
D
Kurang
5.
0-44
E
Sangat kurang


1.2  Penilaian pemahaman (kognitif)
Jawablah dengan benar pertanyaan-pertanyaan dibawah ini, mengenai konsep gerak teknik dasar melempar cakram!
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban siswa sesuai dengan skor yang ada pada masing-masing deskriptor, skor 1 untuk setiap deskriptor, skor maksimal 22



                                             Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  =                                                              x 100
                                             Jumlah skor maksimal


                Tabel 01 Katagori Nilai Aspek Sikap (kognitif)
No.
Rentang Nilai
Keterangan
Kategori
1.
85-100
A
Sangat baik
2.
70-84
B
Baik
3.
55-69
C
Cukup
4.
45-54
D
Kurang
5.
0-44
E
Sangat kurang


1.3  Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Lakukanlah teknik dasar melempar cakram
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas keterampilan melempar cakram dilakukan dengan menggunakan format  assesmen penilaian hasil belajar passing  bawah bolavoli (tabel 04) dengan cara memberikan tanda cek ( √ ) pada setiap deskriptor, skor 1 untuk setiap deskriptor.
                                             Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  =                                                              x 100
                                             Jumlah skor maksimal
  Tabel 01 Katagori Nilai Aspek Sikap (psikomotor)
No.
Rentang Nilai
Keterangan
Kategori
1.
85-100
A
Sangat baik
2.
70-84
B
Baik
3.
55-69
C
Cukup
4.
45-54
D
Kurang
5.
0-44
E
Sangat kurang








Rubrik Penilaian                       
2.1 Penilaian Sikap (Afektif)
Tabel 04. Deskripsi penilaian sikap melempar cakram
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
Berikan tanda cek (√ )
1
2
3
4
5
1.  Mengamalkan doa sebelum memulai pembelajaran





2. Menanamkan sikap sportif dalam bermain.





3. Menanamkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran





4 Menanamkan sikap toleransi dan mau berbagi dengan teman selama mengikuti pembelajaran





Jumlah skor maksimal: 20

Keterangan : 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5 = sangat baik
2.2 Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Tabel 05.  Daftar pertanyaan penilaian aspek pengetahuan teknik dasar melempar cakram
No
Pertanyaan yang diajukan
Skor
1
Analisislah Teknik Dasar memegang cakram dalam lempar cakram
0-5
2
Analisislah Teknik Dasar pase ayunan dalam lempar cakram
0-5
3
Analisislah Teknik Dasar pase memutar dalam lempar cakram
0-4
4
Analisislah Teknik Dasar pase melepaskan cakram dalam lempar cakram
0-4
5
Analisislah Teknik Dasar Sikap Akhir (pemulihan dalam) lempar cakram
0-4

Total skor maksimal
22

Tabel 06. Kunci jawaban analisis konsep gerak teknik dasar lempar cakram
No
Aspek yang dinilai
Deskriptor
Skor
1
Analisislah Teknik Dasar memegang cakram dalam lempar cakram
a.       Cakram dipegang pada sendi akhir dari jari-jari
b.      Jari-jari dibuka atau disebar pada pinggiran cakram
c.       Pergelagan tangan relax dan lurus
d.      Cakram bersandar pada dasar telapak tangan
e.       Ibu jari menempel pada cakram
0-5
2
Analisislah Teknik Dasar pase ayunan dalam lempar cakram
a.       Posisi punggung menghadap arah lemparan
b.      Posisi kaki dibukak selebar bahu
c.       Berat badan berada pada kedua kaki
d.      Cakram diayun kebelakang dan dibelakang naik sampai proyek vertikal dari tumit kaki
e.       Badan diputar pada waktu yang sama
0-5
3
Analisislah Teknik Dasar pase memutar dalam lempar cakram
a.       Posisi lutut, lengan dan telapak kaki diputar secara aktif dan serentak searah dengan lemparan
b.      Posisi kaki diayun rendah dan lebar melewati lingkaran lempar
c.       Posisi tangan saat melempar berada diatas pinggang dan dibelakang badan
d.      Posisi tangan mendorong kedepan kedepan ketika jari-jarinya menunjuk kearah lemparan
0-4
4
Analisislah Teknik Dasar pase melepaskan cakram dalam lempar cakram
a.       Posisi tangan diputar segera kearah lemparan
b.      Berat badan ditumpukan pada kaki kanan atau kiri yang dibengkokan
c.       Posisi lengan pelempar ditarik setelah kedua kaki membuat kontak dengan tanah dan pinngang telah berputar
d.      Cakram meninggalkan tangan pada atau sedikit dibawah ketinggian bahu

0-4
5
Analisislah Teknik Dasar Sikap Akhir (pemulihan dalam) lempar cakram
a.       Posisi kaki bertukar dengan cepat setelah cakram lepas
b.      Posisi kaki kanan ditekuk
c.       Posisi badan bagian aras diturunkan
d.      Kaki kiri diayunkan kebelakang

0-4
Total Skor Maksimal
22

2.3 Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
Tabel 07 Deskripsi penilaian teknik dasar memegang cakram dalam lempar cakram
Skor
Deskripsi
Skor 1 pada setiap deskriptor
a.       Cakram dipegang pada sendi akhir dari jari-jari
b.      Jari-jari dibuka atau disebar pada pinggiran cakram
c.       Pergelagan tangan relax dan lurus
d.      Cakram bersandar pada dasar telapak tangan
e.       Ibu jari menempel pada cakram


Tabel 08 Deskripsi penilaian Teknik Dasar pase ayunan dalam lempar cakram
Skor
Deskrisi
Skor 1 pada setiap deskriptor
a.       Posisi punggung menghadap arah lemparan
b.      Posisi kaki dibukak selebar bahu
c.       Berat badan berada pada kedua kaki
d.      Cakram diayun kebelakang dan dibelakang naik sampai proyek vertikal dari tumit kaki
e.       Badan diputar pada waktu yang sama

Tabel 09 Deskripsi penilaian Teknik Dasar pase memutar dalam lempar cakram
Skor
Deskrisi
Skor 1 pada setiap deskriptor
a.       Posisi lutut, lengan dan telapak kaki diputar secara aktif dan serentak searah dengan lemparan
b.      Posisi kaki diayun rendah dan lebar melewati lingkaran lempar
c.       Posisi tangan saat melempar berada diatas pinggang dan dibelakang badan
d.      Posisi tangan mendorong kedepan kedepan ketika jari-jarinya menunjuk kearah lemparan

Tabel 10 Deskripsi penilaian Teknik Dasar pase melepaskan cakram dalam lempar cakram
Skor
Deskrisi
Skor 1 pada setiap deskriptor
a.       Posisi tangan diputar segera kearah lemparan
b.      Berat badan ditumpukan pada kaki kanan atau kiri yang dibengkokan
c.       Posisi lengan pelempar ditarik setelah kedua kaki membuat kontak dengan tanah dan pinngang telah berputar
d.      Cakram meninggalkan tangan pada atau sedikit dibawah ketinggian bahu
e.       Badan diputar pada waktu yang sama

 Tabel 09 Deskripsi penilaian Teknik Dasar Sikap Akhir lempar cakram
Skor
Deskrisi
Skor 1 pada setiap deskriptor
a.       Kaki bertukar dengan cepat setelah cakram lepas
b.      Kaki kanan ditekuk
c.       Badan bagian atas diturunkan
d.      Kaki kiri diayun kebelakang



Tidak ada komentar:

Posting Komentar