|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : S M A
N
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 1
(Ganjil )
Materi Pokok/Topik : Atletik Nomor Tolak/ Tehnik Dasar Tolak
Peluru Gaya Ortodoks
Pertemuan ke : I (Pertama)
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam
pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
:
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan
kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain.
2.5
Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan teknik dasar tolak peluru gaya ortodoks
2.6 Disiplin selama
melakukan teknik dasar tolak peluru gaya ortodoks
3.7 Mengkategorikan dan menyusun pola gerak keterampilan nomor-nomor atletik
(lompat jauh, lompat tinggi dan lempar)
4.1 Mengukur
keterampilan olahraga nomor-nomor atletik (lompat jauh, lompat tinggi, dan
lempar), menyusun rencana perbaikan keterampilan dan memperaktikkannya dalam
permainan yang sesungguhnya.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.
Siswa
mengamalkan doa sebelum memulai pembelajaran .
2.
Mengamalkan
sikap sportif dalam bermain.
3.
Mengamalkan
sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
4.
Mengamalkan sikap toleransi
dan mau berbagi dengan teman selama
mengikuti pembelajaran.
5.
Menganalisis teknik
dasar tolak peluru gaya ortodoks
6.
Mencoba teknik dasar tolak
peluru gaya ortodoks.
D. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.
Melafalkan doa menurut
agama dan kepercayaan masing-masing.
2.
Mengamalkan
sikap sportif dalam bermain.
3.
Mengamalkan sikap disiplin selama mengikuti
pembelajaran.
4.
Mengamalkan sikap toleransi
dan mau berbagi dengan teman selama
mengikuti pembelajaran
5.
Menganalisis sikap awalan teknik
dasar tolak peluru gaya ortodoks dengan benar.
6.
Menganalisis sikap saat menolak teknik dasar tolak peluru gaya ortodoks dengan benar.
7.
Menganalisis sikap akhir teknik
dasar tolak peluru gaya ortodoks dengan benar
8.
Mencoba sikap awalan teknik
dasar tolak peluru gaya ortodoks dengan benar.
9.
Mencoba sikap saat menolak teknik
dasar tolak peluru gaya ortodoks dengan benar.
10.
Mencoba sikap akhir teknik dasar tolak peluru gaya ortodoks dengan benar
E. Materi Pembelajaran :
Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Ortodoks
Tolak
peluru gaya ortodoks atau gaya menyamping adalah cara menolakkan peluru
dengan menyampingi arah tolakan (Syarifuddin, 1997: 53).
Adapun
proses gerakan tolak peluru gaya ortodoks adalah sebagai berikut (Syarifuddin, 1997: 55).
1.
Sikap Awal
Gerakannya:
a. Berdiri tegak di bagian belakang lingkaran dengan posisi
menyampingi arah tolakan kedua tungkai dibuka selebar bahu.
b. Tangan
kanan memegang peluru menempel pada leher, siku tangan kiri ditekuk berada di
depan badan dengan lemas.
c. Tekuklah
tungkai kanan perlahan sehingga badan turun merendah, dengan lutut dalam posisi
tertekuk agak serong ke depan.
d. Kaki kanan diluruskan ke depan, dengn ujung jari kaki
menyentuh tanah.
e. Pandangan ke arah tolakan. Perhatikan gambar 01. di bawah ini.


Gambar 01. Sikap Awal Tolak Peluru Gaya Ortodoks
2. Sikap Saat Menolak Peluru
Gerakannya:
a. Pada
waktu akan menolak peluru, kaki kiri dilontarkan ke arah balok stop, kaki kanan
bergeser dengan cepat mendekati balok stop.
b. Kaki
kanan mendarat dengan lutut tetap tertekuk, dan berat badan berada pada kaki
bagian belakang.
c. Kemudian
tungkai kaki kiri ditekuk dan kaki kanan diluruskan diikuti dengan memutar
badan ke arah tolakan.
d. Pada saat seluruh badan menghadap ke arah tolakan,
secepat mungkin peluru ditolakkan sekuat-kuatnya ke depan atas.
e. Pandangan ke depan atas mengikuti gerakan peluru.
Perhatikan gambar 02. di bawah ini.


Gambar 02. Sikap Saat Menolak Peluru Gaya Ortodoks
3. Sikap Akhir
Gerakannya:
a. Setelah
peluru lepas, segera kaki-kaki dengan cepat berganti.
b. Kemudian kaki kiri diangkat kebelakang.
c. Saat
menderat, kaki kanan ditekuk
d. Badan
bagian atas diturunkan untuk menjaga keseimbangan agar tidak jatuh kedepan.
e. Setelah peluru jatuh, keluar melalui belakang
lapangan. Perhatikan gambar 03. di bawah
ini.


Gambar 03. Sikap Akhir Tolak Peluru Gaya Ortodoks
F. Pendekatan/Metode/Model Pembelajaran
1.
Pendekatan: saintifik (scientific)
2.
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together
(NHT)
G. Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM)
Disesuaikan dengan KKM sekolah
masing-masing
H. Kegiatan Pembelajaran.
|
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
|
Pendahuluan :
Fase 1:
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
|
·
Menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik (berbaris, berdoa, presensi, menanyakan kondisi siswa, dan
sejenisnya)
Orientasi
·
Guru memberikan orientasi kepada
peserta didik masalah pemahaman awal tentang materi teknik
dasar tolak peluru gaya ortodoks melalui penayangan video, gambar,
contoh-contoh dan sejenisnya
Apersepsi
·
Guru memberikan persepsi awal dan
tujuan pembelajaran teknik dasar tolak peluru gaya ortodoks kepada peserta didik, contoh : Apakah ada yang sudah pernah melakukan tolak
peluru?
Motivasi
·
Guru memberikan gambaran manfaat
mempelajari materi teknik dasar tolak peluru gaya ortodoks
Pemberian Acuan
·
Berkaitan dengan
kajian ilmu yang akan dipelajari seperti penjelasan materi pokok teknik
dasar tolak peluru gaya ortodoks guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok belajar.
Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik
·
pemanasan baik statis
maupun dinamis terkait dengan materi teknik
dasar tolak peluru gaya ortodoks
|
10 menit
|
|
Inti :
Fase 2:
Menyajikan/menyampaikan informasi
Fase 3:
Mengorganisasikan siswa ke
dalam kelompok
|
Eksplorasi
·
Guru menyajikan
materi dan mendemonsrasikan gerakan teknik
dasar tolak peluru gaya ortodoks
![]()
·
Peserta didik mengamati gerakan teknik
dasar tolak peluru gaya ortodoks yang dilakukan oleh guru
·
Peserta didik diberi
kesempatan untuk bertanya tentang
gerakan teknik dasar tolak peluru gaya ortodoks yang didemonstrasikan
oleh guru
·
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mencoba secara disiplin,
teratur, bergiliran untuk melakukan gerakan teknik
dasar tolak peluru gaya ortodoks yang didemontrasikan oleh guru dengan cara mereka tanpa harus sepenuhnya
sesuai dengan contoh guru
·
Guru
mengorganisasikan siswa dalam 8 (delapan) kelompok, setiap kelompok
beranggotakan 3 – 6 orang, masing-masing siswa dalam kelompok memakai nomor
dari 1 sampai 6 sehingga tiap siswa dalam kelompok itu mempunyai nomor yang
berbeda
·
Siswa membentuk
kelompok sesuai dengan intruksi dari Guru
|
60 menit
|
|
Fase 4 :
Membimbing kelompok belajar
|
Elaborasi
·
Peserta didik
melakukan teknik dasar tolak peluru gaya ortodos secara langsung berpasangan, berkelompok yang beranggotakan 3-6 orang
dan mengolah secara disiplin,
teratur dan bergiliran.
·
Peserta didik memperagakan secara disiplin,
teratur, bergiliran dalam melakukan teknik
dasar tolak peluru gaya ortodoks dengan tahap – tahapan yang sudah dijelaskan oleh guru, mulai dari
kelompok pertama melakukan dan kelompok kedua mengamati dan dilanjutkan
kelompok kedua melakukan dan kelompok pertama mengamati.
·
Peserta didik berbagi
dengan teman-temannya tentang teknik dasar tolak
peluru gaya ortodoks
·
Guru memonitor dan membimbing pelaksanaan.
gerak tolak peluru gaya ortodoks dari
sikap awalan, sikap saat menolak dan
sikap akhir (Konfirmasi).
|
|
|
Fase 5:
Evaluasi (Sikap,
Pengetahuan dan Keterampilan)
Penghargaan
|
Konfirmasi
·
Guru melakukan evaluasi hasil belajar teknik
dasar tolak peluru gaya ortodoks sesuai dengan
tahapan- tahapan pelaksanaan.
·
Peserta didik
menyimpulkan materi teknik dasar tolak peluru
gaya ortodoks yang meliputi sikap awal, sikap pelaksanaan saat menolak dan
sikap akhir
·
Peserta didik melaksanakan tugas gerak teknik dasar tolak peluru
gaya ortodoks dengan menciptakan formasi baru, dan menampilkan gerak sesuai dengan
indikator yang telah ditentukan seperti sikap awal, sikap pelaksanaan saat
menolak dan sikap akhir
·
Memberikan
penghargaan kepada peserta didik yang berhasil mencoba
dan menunjukkan keterampilan teknik dasar tolak
peluru gaya ortodoks dengan baik dan benar, berupa pujian, sanjungan, tepuk tangan dan
sejenisnya.
|
|
|
Penutup:
|
·
Guru bersama peserta
didik mempersiapkan kondisi fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran
berikutnya.
·
Peserta didik dengan bimbingan guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.
·
Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya mengenai pembelajaran yang telah
dilaksanakan
·
Guru memberikan tugas
gerak untuk melatih gerak dasar teknik dasar tolak
peluru gaya ortodoks pada kesempatan
yang berbeda
·
Guru menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
·
Guru beserta peserta
didik berdoa dan menutup pembelajaran
|
20 Menit
|
I. Alat dan Sumber Belajar
- Alat dan bahan:
a. Peluru berat standar
menurut jenis kelamin (laki-laki atau perempuan)
b. Peluit
c. Stop watch
d. Bendera untuk pembatas
lapangan
e. Alat tulis
f. Meteran
g. Lembar evaluasi hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks
h. Lembar observasi aktivitas belajar tolak peluru gaya ortodoks
- Sumber (buku
terbaru)
I.A.A.F. 2000. Pedoman Mengajar Lari Lompat Lempar.Jakarta : Pendidikan Pelatihan dan Sistem
Sertifikasi IAAF
Syarifudin,
Aip. 1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 1. Jakarta: PT Grasindo.
J. Penilaian
1. Teknik penilaian:
-
Penilaian sikap (Afektif) (meliputi pengamatan oleh guru, diri sendiri dan
teman sejawat) :
Penilaian aspek sikap oleh guru dilakukan selama proses pembelajaran
berlangsung dari awal hingga akhir, penilaian oleh diri sendiri dan penilaian
oleh teman sejawat dilakukan pada akhir pembelajaran teknik dasar
tolak peluru gaya ortodoks. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu sikap berdoa,
sportif dan disiplin. Skor terakhir diambil dari rata-rata ketiga penilaian
sikap.
Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
Tabel 01 Katagori
Nilai Aspek Sikap (Afektif)
|
No.
|
Rentang Nilai
|
Keterangan
|
Kategori
|
|
1.
|
85-100
|
A
|
Sangat baik
|
|
2.
|
70-84
|
B
|
Baik
|
|
3.
|
55-69
|
C
|
Cukup
|
|
4.
|
45-54
|
D
|
Kurang
|
|
5.
|
0-44
|
E
|
Sangat kurang
|
-
Penilaian pengetahuan (Kognitif):
Jawablah dengan benar pertanyaan-pertanyaan dibawah ini, mengenai konsep
gerak teknik dasar tolak
peluru gaya ortodoks
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban siswa sesuai dengan skor yang ada pada
masing-masing deskriptor, skor 1 untuk setiap deskriptor, skor maksimal 15
Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
Tabel 02 Katagori Nilai Aspek
Pengetahuan (Kognitif)
|
No.
|
Rentang Nilai
|
Keterangan
|
Kategori
|
|
1.
|
85-100
|
A
|
Sangat baik
|
|
2.
|
70-84
|
B
|
Baik
|
|
3.
|
55-69
|
C
|
Cukup
|
|
4.
|
45-54
|
D
|
Kurang
|
|
5.
|
0-44
|
E
|
Sangat kurang
|
-
Penilaian keterampilan (Psikomotor):
Lakukanlah teknik dasar tolak
peluru gaya ortodoks
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas keterampilan tehnik dasar tolak peluru gaya ortodoks dilakukan dengan menggunakan format assesmen penilaian hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks
(tabel 04) dengan cara memberikan tanda cek ( √ ) pada setiap deskriptor ,
skor 1 untuk setiap deskriptor.
Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
Tabel 03 Katagori Nilai
Aspek Keterampilan (Psikomotor)
|
No.
|
Rentang Nilai
|
Keterangan
|
Kategori
|
|
1.
|
85-100
|
A
|
Sangat baik
|
|
2.
|
70-84
|
B
|
Baik
|
|
3.
|
55-69
|
C
|
Cukup
|
|
4.
|
45-54
|
D
|
Kurang
|
|
5.
|
0-44
|
E
|
Sangat kurang
|
2. Rubrik Penilaian
2.1 Penilaian Sikap (Afektif)
Tabel 04. Deskripsi penilaian sikap teknik dasar tolak peluru gaya ortodoks
|
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
Berikan tanda cek (√ )
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
1. Siswa mengamalkan doa sebelum memulai pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
2. Mengamalkan sikap sportif dalam kegiatan.
|
|
|
|
|
|
|
3. Mengamalkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
4. Mengamalkan sikap toleransi
dan mau berbagi dengan teman selama
mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor maksimal: 20
|
|
||||
Keterangan
: 1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, 5 = sangat baik
2.2 Penilaian Pengetahuan
(Kognitif)
Tabel 05. Daftar pertanyaan penilaian aspek pengetahuan
teknik dasar tolak
peluru gaya ortodoks
|
No
|
Pertanyaan yang diajukan
|
Skor
|
|
1
|
Analisislah teknik dasar sikap awalan tolak peluru gaya ortodoks!
|
0-5
|
|
2
|
Analisislah teknik dasar sikap saat menolak peluru gaya
ortodoks!
|
0-5
|
|
3
|
Analisislah teknik dasar sikap akhir tolak peluru gaya ortodoks!
|
0-5
|
|
4
|
Total skor
maksimal
|
15
|
Tabel 06. Kunci jawaban
analisis konsep gerak teknik dasar tolak
peluru gaya ortodoks
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Deskriptor
|
Skor
|
|
1
|
Teknik Dasar Sikap Awalan Tolak Peluru
|
a.
Berdiri tegak di bagian belakang lingkaran dengan posisi menyampingi arah
tolakan kedua tungkai dibuka selebar bahu.
b.
Tangan kanan memegang
peluru menempel pada leher, siku tangan kiri ditekuk berada di depan badan
dengan lemas.
c.
Tekuklah tungkai
kanan perlahan sehingga badan turun merendah, dengan lutut dalam posisi
tertekuk agak serong ke depan.
d.
Kaki kanan diluruskan ke depan, dengn ujung jari kaki menyentuh tanah.
e.
Pandangan ke arah tolakan
|
0-5
|
|
2
|
Teknik Dasar Sikap Saat Menolak Peluru
|
a Pada
waktu akan menolak peluru, kaki kiri dilontarkan ke arah balok stop, kaki
kanan bergeser dengan cepat mendekati balok stop.
b Kaki
kanan mendarat dengan lutut tetap tertekuk, dan berat badan berada pada kaki
bagian belakang.
c Kemudian
tungkai kaki kiri ditekuk dan kaki kanan diluruskan diikuti dengan memutar
badan ke arah tolakan.
d Pada saat seluruh badan menghadap ke arah tolakan,
secepat mungkin peluru ditolakkan sekuat-kuatnya ke depan atas.
e Pandangan ke depan atas mengikuti gerakan peluru
|
0-5
|
|
3
|
Teknik Dasar Sikap Akhir Tolak Peluru
|
a. Setelah
peluru lepas, segera kaki-kaki dengan cepat berganti.
b. Kemudian kaki kiri diangkat kebelakang.
c. Saat
menderat, kaki kanan ditekuk
d. Badan
bagian atas diturunkan untuk menjaga keseimbangan agar tidak jatuh kedepan.
e. Setelah peluru jatuh, keluar melalui belakang
lapangan.
|
0-5
|
|
Total Skor Maksimal
|
15
|
||
2.3 Penilaian Keterampilan
(Psikomotor)
Tabel 07 Deskripsi penilaian Teknik Dasar Sikap Awalan Tolak
Peluru Gaya Ortodoks
|
Skor
|
Deskripsi
|
|
|
Skor 1 pada setiap
deskriptor
|
a
Berdiri tegak di bagian belakang lingkaran dengan posisi menyampingi arah
tolakan kedua tungkai dibuka selebar bahu.
b
Tangan kanan memegang
peluru menempel pada leher, siku tangan kiri ditekuk berada di depan badan
dengan lemas.
c
Tekuklah tungkai
kanan perlahan sehingga badan turun merendah, dengan lutut dalam posisi
tertekuk agak serong ke depan.
d
Kaki kanan diluruskan ke depan, dengn ujung jari kaki menyentuh tanah.
e
Pandangan ke arah tolakan
|
Tabel 08 Deskripsi penilaian Sikap
Saat Menolak Peluru Gaya
Ortodoks
|
Skor
|
Deskrisi
|
|
Skor 1 pada setiap deskriptor
|
a Pada
waktu akan menolak peluru, kaki kiri dilontarkan ke arah balok stop, kaki
kanan bergeser dengan cepat mendekati balok stop.
b Kaki
kanan mendarat dengan lutut tetap tertekuk, dan berat badan berada pada kaki
bagian belakang.
c Kemudian
tungkai kaki kiri ditekuk dan kaki kanan diluruskan diikuti dengan memutar
badan ke arah tolakan.
d Pada saat seluruh badan menghadap ke arah tolakan,
secepat mungkin peluru ditolakkan sekuat-kuatnya ke depan atas.
e Pandangan ke depan atas mengikuti gerakan peluru.
|
Tabel 09
Deskripsi penilaian Teknik Dasar Sikap Akhir Tolak
Peluru Gaya Ortodoks
|
Skor
|
Deskrisi
|
|
Skor 1 pada setiap deskriptor
|
a. Setelah
peluru lepas, segera kaki-kaki dengan cepat berganti.
b. Kemudian kaki kiri diangkat kebelakang.
c. Saat
menderat, kaki kanan ditekuk
d. Badan
bagian atas diturunkan untuk menjaga keseimbangan agar tidak jatuh kedepan.
e. Setelah peluru jatuh, keluar melalui belakang
lapangan.
|
Tabel 10 Format asesmen penilaian hasil belajar teknik dasar tolak
peluru gaya ortodoks
|
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
||||||||||||||
|
Sikap awal
|
Sikap pelaksanaan Saat Menolak Peluru
|
Sikap akhir
|
||||||||||||||||
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
C
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
||||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MENGETAHUI, GURU
MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH
............................................ ...............................................

Tidak ada komentar:
Posting Komentar